Keluar

Keluar

Keluar

Keluar

Please Login

Lupa sandi ?

Login

The School Of Future Leader

Peduli Lingkungan ke Pantai Kenjeran

Super administrator15 June 201028136 click

Senin, 29 Maret 2010, pukul 06.30 Wib, para siswa Duta Lingkungan berkumpul di Lapangan Tumapel dan kemudian berangkat menuju Pantai Kenjeran dalam rangka kegiatan Discovery 2010. Para peserta dibagi menjadi 2 kelompok besar. Satu kelompok mengamati pembuatan terasi dan kerupuk. Kelompok lainnya, mengunjungi Paguyuban Nelayan. Di kampung pembuatan terasi dan kerupuk, para peserta diajak melihat proses pembuatan terasi dan kerupuk terasi. Hal itu berbeda dengan di Paguyuban Nelayan. Di sini peserta diajak mengenal para nelayan lebih dekat lewat wawancara.” Ya, aku banyak mendapat pengalaman baru tentang cara membuat terasi. Aku sangat senang bisa belajar banyak hal baru yang tidak kuketahui sebelumnya,” ujar Anthony, ketua OSIS SMA SanMar.

Dalam kegiatan ini setiap kelas wajib mengirimkan 1 tim yang terdiri dari 3 siswa. Total ada 14 tim yang berasal dari kelas X dan XI. Keempat belas tim mendapat briefing supaya lebih mengerti topik dan permasalahan yang dibahas serta solusi apa saja yang dapat diberikan. Peserta dari jurusan IPS dibimbing oleh Ibu Indaryati dan Ibu Oni. Sedangkan Pak Bagus dan Ibu Gitta membimbing peserta dari jurusan IPA. Briefing yang diadakan pada hari Jumat, (19/3) ini mengajarkan kepada para peserta bagaimana mengangkat suatu masalah, bagaimana memberikan solusi yang tepat serta cara membuat sebuah makalah yang baik dan benar. Dari situlah para peserta dibimbing agar lebih fokus dalam mengambil permasalahan pokok. “Memang benar, dalam kegiatan ini setiap siswa harus bisa mengangkat suatu masalah, menganalisis, serta memberikan solusi yang tepat yang nantinya mereka presentasikan di depan forum,” kata Ibu Oni, salah satu pembimbing anak IPS. 

       Sementara, Discovery itu sendiri diadakan dengan tujuan meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar. Dalam hal ini Pantai Kenjeran sebagai "keluarga" kita di Surabaya. Saat istirahat para peserta mendapat 2 kupon Fun Time, yakni kupon yang bisa digunakan untuk berpartisipasi di 2 pos permainan. Tak hanya itu, para peserta juga diajak melihat bagaimana cara membuat kerajinan dari kulit kerang di sebuah pelosok gang. Dalam kegiatan ini, tim yang terpilih sebagai 5 besar masih harus melakukan presentasi pada Final Discovery 2010 yang akan diadakan pada tanggal 17 April mendatang. (Cath)

Komentar :

Maaf belum ada komentar

Input Comment :

Nama
Email
Komentar Maks: 500 karakter
Very Happy Smile Sad Surprised Shocked Confused Cool Laughing Mad Razz
Embarassed Crying Evil or Very Mad Twisted Evil Rolling Eyes Wink Exclamation Question Idea Hammer
 

« Dec 2020 »
M S S R K J S
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9