Keluar

Keluar

Keluar

Keluar

Please Login

Lupa sandi ?

Login

The School Of Future Leader

PaPi SanMar

IT Sanmar01 July 20171151 click

PaPi SanMar
 
PaPi SanMar 2017

Tanggal 25 Januari 2017 lalu menjadi hari yang menyenangkan bagi SMA Santa Maria Surabaya. Ya, hari itu adalah hari penentuan juara PaPi SanMar tahun 2017. Setiap pasangan dari kelas X dan XI yang berjalan dengan elok di Aula lantai 4 membuat suasana menjadi riuh hari itu. Namun, dari 38 peserta yang mengikuti ajang ini, hanya 2 orang yang akhirnya terpilih menjadi pasangan Putra dan Putri Santa Maria, yaitu Jonathan Dante Timesmei Manao dari kelas XI Bahasa 2 dan Issabella LPAPI 2izbeth Madeline Gunawan dari kelas XI IPS 3. Sebelumnya, mereka berdua harus mengikuti karantina selama beberapa hari untuk bisa terpilih di ajang PaPi SanMar ini. 

Jonathan Dante Timesmei Manao, Putra SanMar tahun 2017 ini akrab disapa Dante. Jonathan Dante sempat ragu ketika diminta mengikuti PaPi Sanmar, sehingga kesempatannya sempat diambil oleh temannya. Setelah berpikir panjang, akhirnya ia memutuskan untuk mengambil kesempatan ini karena ingin mencoba sesuatu yang lain. Mental adalah hal utama yang ia persiapkan dalam PaPi SanMar. Tidak hanya mental, pidato dalam Bahasa Inggris pun dipersiapkan oleh Jonathan Dante.

Kesulitan yang dialami oleh siswa kelas XI Bahasa 2 ini selama proses karantina sampai hari-H adalah beban mental dan juga perasaan nervous. Namun, semua kesulitan tersebut dapat dihadapi dengan rasa percaya diri. Bagi Jonathan Dante cara meningkatkan kepercayaan diri adalah mencintai kelemahan dan mengembangkan kemampuan dalam diri, dan selalu mempersiapkan sesuatu sebaik-baiknya. Rasa nervous pasti akan muncul, tetapi jika dipersiapkan dengan baik maka hasil yang didapatkan juga baik. Tidak pernah terbesit dalam pikiran Dante akan terpilih menjadi Putra SanMar.

Adapun hal yang ingin dilakukan Dante sebagai Putra Sanmar, yang berkaitan dengan hobinya belajar Bahasa Inggris adalah ia ingin membuat Bahasa Inggris menjadi sesuatu yang umum di Santa Maria. Ada sebuah pelajaran yang bisa diambil dari pengalamannya mengikuti pemilihan PaPi SanMar, yaitu tidak ada salahnya kita mencoba sesuatu yang baru. Apabila kalah maka kita bisa belajar dari kekalahan tersebut. Sedangkan jika menang, berarti kita sudah layak menang. Menurutnya, tujuan utama mencoba adalah berubah menjadi lebih baik.

Tidak kalah seru dengan pengalaman Dante, Putri SanMar 2017, Issabella Lizbeth Madeline Gunawan dipenuhi dengan perasaan campur aduk ketika dipilih oleh teman-teman sekelasnya ikut dalam ajang PaPi SanMar. Bagi Bella, momen yang tidak terlupakan baginya adalah saat dirinya mempersiapkan apa yang akan ia itampilkan di PaPi SanMar. Hal tersebut juga menjadi salah satu kesulitan bagi Bella di samping membagi waktu. Sama halnya dengan Dante, mental adalah hal yang dipersiapkan olehnya. Perasaan nervous pun muncul karena harus mampu melakukan public speaking dan sebaik-baiknya dengan sempurna.
 
Kepercayaan diri adalah hal utama yang harus dimiliki untuk menutupi rasa nervous. Bagi Bella, cara meningkatkan kepercayaan diri adalah percaya bahwa Tuhan akan selalu menyertai. Jika kita percaya diri, akan ada banyak hal yang bisa kita capai. Setelah terpilih menjadi PaPi SanMar, banyak hal yang didapatkan Bella, misalnya ia menjadi lebih bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan. Ia juga lebih mampu mengatur waktu dan dirinya sendiri. Namun, dampak lain juga ada. Misalnya, terkadang teman-teman suka memanggilnya “Eh,PaPi PaPi”. Walaupun tugas yang diemban sekarang lebih berat namun Bella merasa senang. Kini, ia memiliki lebih banyak teman dan relasi serta lebih percaya diri saat berbicara. (it/sanmar)

Komentar :

Maaf belum ada komentar

Input Comment :

Nama
Email
Komentar Maks: 500 karakter
Very Happy Smile Sad Surprised Shocked Confused Cool Laughing Mad Razz
Embarassed Crying Evil or Very Mad Twisted Evil Rolling Eyes Wink Exclamation Question Idea Hammer
 

« May 2022 »
M S S R K J S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11