Keluar

Raja Ampat

Pesona “Surga” di Raja Ampat
oleh Anna S. Faradila*

Krisanis, akhir Desember 2016 lalu, saya dan keluarga berlibur ke kota Raja Ampat. Kami menaiki Kapal Express Bahari dan membutuhkan waktu 2 jam untuk bisa sampai di Pelabuhan Waisai, Raja Ampat. Sesampainya di Pelabuhan Waisai kami sudah dijemput oleh paman saya, karena hari sudah malam dan juga hujan deras, maka kami langsung menuju rumah paman untuk beristirahat.

Pada pagi harinya 28 Desember 2016, kami berangkat menuju pelabuhan speedboat Raja Ampat. Kami tiba di pelabuhan pukul 07.00 WIT, lalu kami naik  speedboat yang telah disewa ayah. Setelah semua sudah siap, tepatnya pukul 08.00 WIT speedboat yang membawa kami segera melaju meninggalkan pelabuhan.

Tujuan utama ke Pianemo. Perjalanan sampai ke lokasi membutuhkan waktu 2 jam. Sebelum memasuki wilayah Pianemo kami harus berhenti di sebuah pos yang berada di tengah laut untuk membayar uang masuk. Lalu, setelah itu kami turun dari speedboat untuk naik ke atas dan melihat keindahan Pianemo. Untuk naik ke atas kami harus menaiki  ±300 an anak tangga. Sungguh sangat melelahkan, tapi ketika sampai di atas semua lelah rasanya terbayarkan oleh keindahan Pianemo yang begitu memukau. Kami berfoto-foto lalu turun ke bawah untuk melanjutkan perjalanan berikutnya.

Tujuan kedua kami ke Telaga Bintang. Langsung  dari Pianemo kami bergegas menggunakan speedboat untuk menuju Telaga Bintang. Sesampainya di Telaga Bintang kami segera turun dari speedboat dan bergegas untuk naik ke atas. Untuk naik ke puncak batu kami harus memanjat batu yang telah dibuat seperti tangga. Namun, karena terlalu banyak orang yang berada di atas puncak batu telaga bintang mengakibatkan antrean naik cukup panjang. Akhirnya, kami memutuskan untuk turun kembali karena tidak ingin membuang waktu dan juga karena masih banyak tempat yang ingin  kami kunjungi.

Tujuan  ketiga kami ke Homestay Pianemo dan Pantai Pianemo. Tidak butuh waktu lama, akhirnya kami sampai di Homestay Pianemo yang terletak di pinggir Pantai Pianemo ini. Kami segera turun dari speedboat dan mulai berfoto-foto karena mengingat masih ada tempat lain yang ingin kami kunjungi lagi, sehingga kami tidak membuang waktu lama dan segera naik kembali ke speedboat kami.

Tujuan keempat kami ke Arborek yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Butuh waktu cukup lama untuk sampai di Arborek. Sesampainya di Arborek kami segera turun, lalu makan sebentar sebelum melanjutkan foto-foto. Setelah makan kami foto-foto bersama. Saya dan adik lalu menuju tempat penyewaan alat-alat snorkeling. Kami langsung turun ke laut karena sudah tidak sabar untuk melihat keindahan bawa laut Arborek. Setelah puas snorkeling saya mulai naik ke atas speedboat dan bergabung dengan sepupu saya yang sedang asyik memberi makan ikan. Cukup lama kami menghabiskan waktu di Arborek.

Nah, krisanis tujuan destinasi kami terakhir ke Pulau Roti. Letak Arborek dan pulau Roti cukup jauh sehingga membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk sampai di pulau Roti. Sesampainya di Pulau Roti kami langsung turun dan berfoto-foto dengan berbagai gaya. Kami tidak membuang waktu lama di Pulau Roti karena hari semakin sore. Setelah kami berfoto-foto kami segera naik ke speedboat dan menuju tujuan terakhir kami yaitu Pasir Timbul. Sesampainya di pasir timbul kami langsung turun dan seperti biasa kami berfoto-foto ria. Setelah berfoto-foto kami langsung bermain air dan berlomba renang. Tepat pukul 15.30 WIT kami naik kembali ke speedboat dan pulang kembali ke pelabuhan karena hari semakin sore. Rasanya saya tidak rela kembali ke pelabuhan karena saya masih ingin bermain air. Kami akhirnya tiba di pelabuahan pukul 17.10 WIT, lalu naik kemobil dan bergegas pulang ke rumah. Sungguh, Raja Ampat merupakan tempat destinasi wisata bak surga kecil di bumi Nusantara. Penasaran? Ayo, ramai-ramai ke Raja Ampat. Mau?