Keluar

Keluar

Keluar

Keluar

Please Login

Lupa sandi ?

Login

The School Of Future Leader

Promo Sekolah

IT Sanmar19 January 20142647 click

Promo Sekolah


Jemput Calon Peserta Didik
Kelas X dari Berbagai Penjuru

Usai jalur khusus, tim promo penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2014/2015 melanjutkan kembali promonya. Promo dilaksanakan di SMPK St. Clara, Surabaya oleh tim jurnalistik. Tim jurnalistik mengemasnya dalam pembuatan koran selembar. Seperti yang diungkapkan oleh F.X. Rudy Prasetya, S.S., M.Med.Kom bahwa koran selembar ini diawali dengan workshop dan lomba jurnalistik.

Workshop yang diikuti oleh 36 peserta didik SMPK St. Clara Surabaya mulai Kamis (12/12/2013) sampai dengan Sabtu (15/12/2013) diawali dengan materi menulis. Menulis artikel terdapat dua jenis, yakni hard news dan soft news. Itulah jenis menulis artikel yang didapatkan di berbagai penjuru yang didasari dengan rumusan jurnalistik 5W+1H, jelas Rudy Pras.

Berlanjut di dunia tata letak membuat koran selembar. Pemateri mengawali dengan pertanyaan; sebutan untuk yang membuat tata letak itu siapa? Dengan sigap dan berani, salah satu peserta mengacungkan jarinya dan menjawab layouter. Tanpa banyak bicara, pemateri memberi souvenir.

Untuk tata letak, pamateri menjelaskan langkah-langkah membuat tata letak mulai menentukan kolom-kolom hingga penempatan artikel dan pemilihan foto yang baik. Dari segi software memakai aplikasi sederhana dengan teknik create tex box link yang menjadi beberapa kolom. Dan, menjelaskan materi dasar fotografi. Sekitar pukul 11.00 WIB 6 koran selembar tertempel di papan mading.

Workshop ini dilakukan selama tiga hari dan hasil koran selembar dilombakan. Jurinya dari bapak ibu guru mereka sendiri. Keesokkan harinya, sebelum berngkat ke Kupang Sr. C. Fitri Murniati, OSU presentasi dihadapan peserta didik di aula menjelaskan profil sekolah untuk penerimaan peserta didik baru didampingi Ruslan, S.Kom dan Bagus Novianto W, S.Pd.

Kemudian, siang harinya Sr. C. Fitri Murniati, OSU dan Ruslan, S.Kom berangkat ke Kupang mengadakan road show ke beberapa sekolah menengah pertama Katolik yang telah direncanakan sebelumnya.  

Di hari yang sama, Senin (16/12/2013) sampai Rabu (18/12/2013) tim promo yang lain mengelar workshop dan lomba jurnalistik di SMPK St. Bernadus, Madiun. Kemasan workshopnya masih sama seperti  SMPK St. Clara Surabaya. Mereka semua merupakan peserta yang baru pertama kalinya mengikuti workshop dan lomba jurnalistik.

Rudy Pras selaku pemateri menjabarkan awalnya meminta semua kelas mulai dari kelas 7 sampai 9. Kami dalam tim memutuskan untuk membatasi pesertanya. Pembatasan peserta ini diambil karena mengenai keefektifan waktu dan supaya fokus. Setelah disampaikan kepada Bapak Yuli selaku pendamping di acara tersebut diputuskan pesertanya sejumlah 105 dari peserta didik kelas VII dan VIII.

Pelaksanaan workshop dan lomba jurnalistik di aula Santo Bernardus. Keikutsertaan peserta didik di workshop dan jurnalistik sangat antusias dan semangat. Bahkan mereka mengadakan di luar sekolah, seperti depan sekolah di warung mbok Tomblok dan di aula-aula Madiun. Salah satu peserta juga kreatif, ketika tidak dapat menemui seorang pengemis. Akhirnya mereka mempunyai inisiatif menggantinya dengan tukang becak.

“Semangat peserta workshop luar biasa sampai detik-detik deadline koran selembar mau habis. Mereka masih bekerja dan merapikan hasil koran selembarnya. Bahkan sebelum pukul 12.00 WIB koran selembar yang dinamai Jendela Pos telah tertempel dengan rapi di papan mading yang telah disediakan fasilitator. Tepat pukul 12.00 WIB, 17 koran selembar terbit dan apresiasi pendidik dan kepala satuan pendidikan, yakni Sr. Yayah, OSU bangga kepada 105 peserta didik telah semangat dan mampu menerbitkan koran selembar dengan waktu yang ditentukan pemateri,” papar Rudy Pras.

Selepas promo di luar kota dan daerah, pagi tadi sekitar pukul 08.00 WIB A.F. Aprilla Yoke W., S.Pd didampingi Bagus Novianto W., S.Pd dan Theresia Rahmayanti, S.Pd bersama kelima peserta didik kita presentasi di SMPK St. Vincentius a Paulo dalam rangka Pameran Pendidikan.

Pameran pendidikan yang diselenggarakan pada Sabtu besok (21/12/2013) SMA Santa Maria Surabaya ikut berpartisipasi mempromosikan ciri khas sekolah kita. Promosi ini akan disetting oleh beberapa tim dua jam sebelum pameran pendidikan. Diantaranya permainan sejarah, lempar gelang, dan beberapa karya serta prestasi peserta didik kita, kata Yanti selaku wakil kepala satuan pendidikan bidang kesiswaan. (it/sanmar)

Komentar :

Maaf belum ada komentar

Input Comment :

Nama
Email
Komentar Maks: 500 karakter
Very Happy Smile Sad Surprised Shocked Confused Cool Laughing Mad Razz
Embarassed Crying Evil or Very Mad Twisted Evil Rolling Eyes Wink Exclamation Question Idea Hammer
 

« Dec 2020 »
M S S R K J S
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9