Keluar

Keluar

Keluar

Keluar

Please Login

Lupa sandi ?

Login

The School Of Future Leader

Lomba Karya Tulis Ilmiah

IT Sanmar17 January 2017983 click

Budaya Tionghoa

‘Gema’Jadi Modal Utama

Satu lagi prestasi yang dicetak oleh siswa SMA Santa Maria Surabaya. Ya, siswa-siswi yang telah bekerja keras itu ialah AylindaYuwono (XII IPS 3), Joseph Epiphanius (XII IPS 2), dan Shirley Lohanjaya (XII IPS 1). Mereka berhasil meraih posisi pertama dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Chinese Ideas Challenge yang diselenggarakan oleh Universitas Kristen Petra pada 25 Juli - 9 Agustus 2016 lalu.
 
“Aku nggak nyangka juga bakalan dapat juara pertama. Apa lagi finalis lain kelihatan siap dan percaya diri. PujiTuhan, semuanya berjalan dengan lancar. Kami berhasil menyabet juara pertama,” ujar Joseph Epiphanius dengan bangga. Cowok yang kerap disapa Epiinilah yang menciptakan ‘Gema’, sebuah aplikasi interaktif yang berisi fitur seputar Gambang Peranakan.
 
Berbekal modal utama tersebut, Trio XII IPS SanMar – sebutan SMA Santa Maria Surabaya – berhasil menjadi salah satu dari tujuh finalis yang ada. “Bagian tersulitnya adalah mencari ide yang benar-benar unik. Belum lagi, kami harus menuangkannya ke dalam bentuk karya tulisi lmiah. Untung saja, kami berhasil menyelesaikannya dengan baik,” jelas Shirley Lohanjaya ketika ditanya mengenai tantangan apa yang telah dilewati oleh timnya. Cewek yang fasih berbahasa Mandarin  ini juga mengaku telah meluangkan waktunya untuk membuat sebuah karya tulis bertema ‘Revitalisasi Budaya Tionghoa’ di tengah-tengah kesibukannya sebagai siswa kelas XII. Tak jarang pula, ia dan timnya bekerja hingga larut malam.
 
Tidak berhenti sampai di situ, mereka masih harus kembali berjuang mempresentasikan ide mereka pada 9 Agustus 2016 di hadapan para juri dan finalis lain. “Pastinya gugup banget buat bicaradi depan. Tapi, karena sudah sampai sejauh ini, tentu saja aku berusaha keras untuk tampil percaya diri,” ujar Aylinda Yuwono yang akrab dipanggil Aylin.

Sebagai pembicara tunggal, cewek berkacamata ini berhasil memukau para juri dengan aplikasi ‘Gema’. “Keberhasilan kami tidak lepas dari Pak Ruslan yang telah menyempurnakan ide kami dan Pak Pras yang telah membantu proses pembuatan karya tulisi lmiah tim kami. Terima kasih banyak atas bimbingannya,” ucap Aylin.(Aylinda, red)

Komentar :

Maaf belum ada komentar

Input Comment :

Nama
Email
Komentar Maks: 500 karakter
Very Happy Smile Sad Surprised Shocked Confused Cool Laughing Mad Razz
Embarassed Crying Evil or Very Mad Twisted Evil Rolling Eyes Wink Exclamation Question Idea Hammer
 

« Dec 2020 »
M S S R K J S
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9