Keluar

Keluar

Keluar

Keluar

Please Login

Lupa sandi ?

Login

The School Of Future Leader

Seni Budaya'16

IT Sanmar26 April 2016977 click

Karya Tanpa Batas
 
Karya Seni Tradisi Inovatif
 
"Komunitas pembelajar yang kritis, kreatif, dan inovatif dalam mengintegrasikan ilmu, iman, dan nilai-nilai kemanusiaan seturut semangat Santa Angela, sedangkan misi dari sekolah adalah menumbuh kembangkan kecintaan pada budaya, bangsa, dan tanah air melalui penghargaan kepada pluralitas budaya, agama, dan membangun kepedulian."
  Karya Tanpa Batas (1)
Sebagaimana visi dan misi diatas, sekolah ingin mengenalkan seni kepada para anak didik melalui apresiasi seni dikarenakan seni tradisi di Indonesia pada saat ini sedang mengalami krisis kepedulian pada dunia seni. Kaum muda Indonesia pada umumnya masih beranggapan seni tradisi adalah bentuk seni tingkat bawah, sementara sebaliknya yang terjadi di mancanegara seni tradisi Indonesia sangat digandrungi, hingga banyak dari mereka yang belajar seni tradisi di Indonesia.
   
Seni tradisi merupakan aset negara yang sangat tak ternilai harganya. Berbagai upaya pemerintah dilakukan untuk mempertahankan keberadaan seni tradisi, diantaranya melalui program pembinaan, pelatihan dan kompetisi baik diperuntukkan untuk umum (masyarakat) ataupun jenjang pendidikan.
   
Bhineka Tunggal Ika, walaupun berbeda-beda namun tetap satu juga. Ikrar ini mampu membakar semangat dan menumbuhkan jiwa nasionalisme untuk bersatu padu menyatukan perbedaan menuju Indonesia yang satu.
 
Karya Tanpa Batas, sebuah ungkapan yang tepat untuk memberikan satu penghargaan kepada generasi yang sadar ikut berupaya mempertahankan dan melestarikan keberadaan seni tradisional dengan wujud eksistensi nyata. Selain itu Karya Tanpa Batas memberikan arti bahwa hasil karya yang dicipatakan penuh dengan kreativitas yang tidak ada batasnya.

Berangkat dari persepsi diatas, peserta didik-peserta didik kelas XI akan membuat karya seni tradisi inovatif sesuai dengan apresiasi dan kompetensi peserta didik dalam kelompok kerja yang akan disajikan lewat pertunjukan pergelaran seni dengan tema Karya Tanpa Batas dibimbing oleh Pambuko Kristian, S.Sn. dan Eva Dianita Dengah, S.Pd. selaku Pendidik Seni Budaya.
 
Semua konsep yang akan disajikan dalam pertunjukkan adalah konsep original hasil diskusi peserta didik. Hal ini bertujuan agar peserta didik merasa memiliki karya tersebut, ada nilai bangga secara intrinsic yang didapat peserta didik. Kegiatan ini dalam rangka memenuhi standart kompetensi mengekspresikan diri melalui karya seni yang tercantum dalam kurikulum mata pelajaran Seni Budaya. (it/clora)
 
Saksikan Pergelaran Seni Kelas XI
Tahun Ajaran 2015/2016
Sabtu | 30 April 2016 | 09.00 - 12.00 WIB
Aula Santa Maria Lantai 4 Surabaya
 

Komentar :

Maaf belum ada komentar

Input Comment :

Nama
Email
Komentar Maks: 500 karakter
Very Happy Smile Sad Surprised Shocked Confused Cool Laughing Mad Razz
Embarassed Crying Evil or Very Mad Twisted Evil Rolling Eyes Wink Exclamation Question Idea Hammer
 

« Dec 2020 »
M S S R K J S
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9