Keluar

Keluar

Keluar

Keluar

Please Login

Lupa sandi ?

Login

The School Of Future Leader

Imlek 2016

IT Sanmar05 February 20161343 click

Ucapkan Gong Xi Fa Cai

Imlek adalah hari untuk memperingati perayaan tahun baru Cina. Umat Cina atau yang lebih sering kita dengar dengan Tionghoa, kini akan merayakan perayaan tahun baru Cina 2016 atau sama dengan tahun baru Cina 2016 atau sama dengan tahun Cina yang ke 2567 menurut penanggalan Cina dan menjadi tradisi di kalangan masyarakat Tionghoa.Gong Xi Fa Cai

Menyambut Imlek 2567, berbagai persiapan dilakukan dalam keluarga dan di lingkungan komunitas Tionghoa. Makan malam bersama menjadi tradisi spiritual dan melembaga dalam keluarga. Ikan dingkis yang bertelur dengan harga raturan ribu perkilo menjadi menu utama. Buah jeruk Mandarin menjadi penghias dan buah penanda Imlek, berbagai ukuran dan rasa kue bakol disajikan. Rumah-rumah dihiasi dengan pernak-pernik Imlek.

Budaya memberi dalam bentuk angpao berwarna merah memeriahkan suasana yang kemudian kertas merah ini digantung di pohon angpao (Yin Liu). Lima belas hari dalam suasana berbahagia sampai ke-15 Imlek (cap go me) juga dirayakan memaknai spiritualitas dan ritualitas hari esok yang diharapkan lebih baik. Gambar dewa uang  si pembawa rezeki selalu disucikan. Dilakukan aksi bersih-bersih di tempat ibadah maupun rumah, agar murah rezeki dan keberuntungan usaha.

Imlek memang tahun baru Tionghoa. Tapi kalimat “Gong Xi Fa Cai”, yang banyak terdengar atau ditempel di selama Imlek yang tahun ini jatuh pada hari Senin (8/2/2016) dan ditetapkan Shio Monyet di tahun 2016.

Seperti ditulis koran Daily Express, yang sebagian besar pembacanya puak Cina di Sabah, Malaysia, “Gong Xi Fa Cai” itu berarti “Selamat Dan Semoga Sejahtera”.

Kadang tulisan “Gong Xi Fa Cai” ditulis dengan cara lain karena beda ejaan dan dialek. Misalnya saja “Keong Hee Huat Chie” (Hokkien), “Kung Hei Fat Choi” (Kanton atau Hongkong), atau “Kung Hei Fat Choi” (Hakka).

Meski tulisannya tampak jauh dari dialek lain, tapi cara membaca “Gong Xi Fa Cai” tidak jauh berbeda dengan yang lain yakni: “kung shi fa tsai”. Ini karena huruf “g” di ejaan resmi itu dibaca “k”, “x” dibaca “sh”, dan “c” dibaca “ts”.

Sebagai perbandingan, kata “kungfu” yang biasa di kenal di Indonesia, dalam ejaan resmi Mandarin menjadi “Gongfu”.

“Gong Xi Fa Cai” itu menggunakan bahasa Mandarin dengan Hanyu Pinyin, ejaan huruf Latin yang dipakai resmi di Cina, Taiwan, dan Singapura. Sedang dialek lain menggunakan ejaan tidak resmi Wade-Giles.

Untuk anak-anak, ucapan yang digunakan lebih panjang lagi. Mereka akan mengatakan “Gong Xi Fa Cai, Hong Bao Na Lai” (Kung Shi Fa Tsai, Ang Pao Na Lai) yang berarti “Selamat Dan Sejahtera, Bawakan Saya Ang Pao”. Bagi anak-anak Tionghoa, Imlek itu seperti Lebaran, saatnya mengumpulkan angpao.
Ucapan “Gong Xi Fa Cai” saling dipertukarkan saat Imlek sejak ribuah tahun yang lalu. (it/sanmar)

Komentar :

Maaf belum ada komentar

Input Comment :

Nama
Email
Komentar Maks: 500 karakter
Very Happy Smile Sad Surprised Shocked Confused Cool Laughing Mad Razz
Embarassed Crying Evil or Very Mad Twisted Evil Rolling Eyes Wink Exclamation Question Idea Hammer
 

« Dec 2020 »
M S S R K J S
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9